Pages

Ads 468x60px

Selasa, 07 Agustus 2012

Apakah Emas Logam Mulia?

Jika Anda pergi ke toko dan membeli kalung  emas  seberat  5  gr  -  18  K, bagaimanakah  cara Anda mengetahui  bahwa kalung tersebut memang mengandung emas murni seberat 3,75 gr? Disinilah letak kesulitannya. Tidak ada jaminan kepastian bahwa memang benar emas yang terkandung sudah   sesuai   dengan   ketentuan   dari   SNI.
Kebanyakan    perhiasan    emas    18K    tidak dilengkapi dengan sertifikat yang menjamin keaslian dan kadar emas. Dampak dari tidak adanya sertifikat  adalah bisa jadi pada saat Anda hendak menjual kembali, Anda akan mendapat harga yang jauh lebih rendah dengan alasan kadar emas perhiasan Anda  tidak semestinya. Sedangkan Anda dalam posisi lemah karena tidak dapat membuktikan sebaliknya.

Sementara   itu  emas  logam  mulia  adalah  emas  24K  (.9999)  yang dilengkapi sertifikat yang menyatakan spesifikasi dan keaslian produk. Sertifikat ini tidak dapat dikeluarkan oleh sembarang orang, hanya badan pemurnian emas yang diakreditasi oleh 4 asosiasi pedagang emas logam mulia

dunia  yang  dapat  memurnikan  dan menerbitkan  sertifikat  keaslian.  Keempat asosiasi ini adalah:
  •  London Bullion Market Association (LBMA)
  • New York Mercantile Exchange (NYMEX), COMEX. Division
  • Tokyo Commodity Exchange (TOCOM)
  •  Dubai Multi Commodities Centre (DMCC)
Melalui pengawasan standar mutu yang ketat, keempat asosiasi ini memastikan  bahwa emas logam mulia yang dicetak memang  sesuai dengan yang  tertera  pada sertifikat.   Sehingga  emas  logam mulia  yang  bersertifikat dapat diperjualbelikan  di banyak negara. Dari empat asosiasi diatas, daftar yang dikeluarkan oleh London Bullion Market Association dianggap yang paling penting dan dapat mewakili asosiasi lainnya. Setiap tahunnya LBMA mengeluarkan data 50 perusahaan pemurnian emas di lebih dari 27 negara.

Di Indonesia, perusahaan pemurnian emas yang diakui oleh LBMA adalah PT Antam Tbk (Logam Mulia) yang berlokasi di Jakarta. Berdasarkan  daftar  yang  dikeluarkan  oleh LBMA November 2010, PT Antam Tbk adalah satu- satunya perusahaan pemurnian emas yang sertifikatnya  diakui  oleh  LBMA.  (lihat tabel untuk keseluruhan 50 perusahaan pemurnian emas yang terakeditasi).


Emas Gonjang Ganjing???? Emas Turun bisa Profit. Emas Naik Profit Terus. Gimana caranya? Disini tempatnya. AGEA Commodity Trading.

Inilah  yang  disebut  emas  logam  mulia. Bentuknya bisa bermacam-macam, dengan satuan berat yang berbeda di masing-masing negara. Tetapi ada 2 hal yang sama. Pertama emas logam mulia selalu  mempunyai  kandungan  emas  .9999  atau
24K. Kedua  emas logam mulia selalu  dilengkapi oleh  sertifikat  keaslian  dan  spesifikasi.  Sertifikat ini   akan   menyatakan   bahan   (component),   kadar emas  (fineness),  berat  (weight)  -  sesuai  dengan  yang  digunakan  negara penerbit, ukuran (dimension) dan ID number. Data dan kode yang sama juga akan dicetakkan pada emas logam mulia.
 
Gambar emas logam mulia yang dikeluarkan oleh PT Antam Tbk

 

Gambar sertifikat PT Antam yang menyertai emas logam mulia Antam

0 komentar:

Posting Komentar