Pages

Ads 468x60px

Kamis, 21 Maret 2013

University of Michigan Consumer Sentiment Index


Adalah   hasil   survey   tentang   kepercayaan   konsumen   yang   diselenggarakan   oleh University  of  Michigan.  Merupakan  indikator  kepercayaan  konsumen  Amerika  yang paling banyak diperhatikan.

Kepercayaan  konsumen adalah indikator penting  bagi siklus bisnis karena menyajikan informasi penting tentang penilaian konsumen terhadap kondisi saat ini dan harapan pada masa mendatang.

Data survey diambil dengan cara mengirimkan kuesioner ke sekitar 5.000 rumah tangga di seluruh negeri sebagai sampel yang mewakili, di mana kurang lebih 3.500 diantaranya merespon. Kuesioner tersebut berisi 5 pertanyaan yaitu (1) rating kondisi usaha di lingkungan rumah tangga tersebut, (2) rating kondisi usaha dalam enam bulan, (3) ketersediaan  lapangan  kerja  di  lingkungan  rumah  tangga  tersebut,  (4)  ketersediaan lapangan kerja dalam enam bulan, dan (5) penghasilan keluarga dalam enam bulan.

Consumer  Confidence  ini berhubungan  erat dengan tingkat  pengangguran,  inflasi, dan penghasilan  riil.  Umumnya,  kepercayaan  konsumen  akan tinggi  jika  tingkat pengangguran rendah dan tingkat pertumbuhan GDP tinggi.

Pasar-pasar  finansial  menerjemahkan  naiknya  angka  indeks  ini sebagai  indikasi  akan naiknya pula tingkat pengeluaran konsumen. Tingginya tingkat konsumsi pada gilirannya nanti akan dapat memicu naiknya tingkat inflasi.

0 komentar:

Posting Komentar